Tragis! Bayi Lumba-Lumba Mati Akibat Turis Usil Selfie Berkali-kali

Lumba-lumba merupakan salah satu mamalia laut yang bersahabat dengan manusia. Karena rupanya yang lucu dan menggemaskan, manusia akan melakukan segala hal demi memfoto atau menyentuh hewan tersebut.
Namun, hal yang dilakukan oleh turis ini sudah kelewat batas.  Bukannya ditolong, justru mereka asyik memfoto bayi lumba-lumba yang terdampar ini hingga membuatnya mati.
Foto: Facebook/Equinac
Menurut The Telegraph yang dilansir oleh AsiaOne, Selasa (22/8/2017), peristiwa tersebut terjadi di pantai yang berada di Mojacar, Almeria, Spanyol. Turis yang penasaran dengan bayi lumba-lumba tersebut mengepungnya hingga tak bisa bergerak.
Organisasi kelautan nirlaba, Equinac, menyatakan bahwa pihak mereka mengutuk orang-orang yang terlibat dalam insiden tersebut. Equinac juga mengatakan lumba-lumba yang malang itu pasti "ketakutan" oleh perlakuan seperti itu.
"Manusia adalah binatang yang paling irasional. Banyak manusia yang tidak dapat merasakan empati kepada makhluk hidup yang ketakutan, kelaparan, dan tanpa induknya," ungkap kelompok tersebut melaluiposting-an status di Facebook.
“Dengan keegoisan manusia, yang mereka ingin hanyalah mengambil fotonya dan menyentuhnya walaupun hewan tersebut dalam keadaan terluka dan menderita,” tulisnya.


Selain itu, foto lainnya menunjukkan bahwa ada anak-anak yang tidak sengaja menutup hidung bayi makhluk malang tersebut yang mengakibatkan bayi lumba-lumba sulit bernapas.
"Bayi lumba-lumba ini sakit dan kehilangan induknya, oleh karena itu ia tidak dapat bertahan, namun mengambil foto dan menyentuhnya menjadi penyebab hewan ini mengalami stres yang sangat tinggi," lanjut kelompok tersebut.
"Marilah kita mengingatkan semua orang bahwa hewan-hewan ini sangat dilindungi. Mengganggu, menyakiti, dan memanipulasinya dilarang oleh undang-undang dan kita selalu meminta penghormatan dan perhatian," tambahnya.
Sementara itu, dua insiden serupa terjadi di pantai Argentina pada 2016. Dua bayi lumba-lumba mati akibat ulah turis yang nakal.

sumber : https://news.okezone.com/read/2017/08/22/18/1760450/tragis-bayi-lumba-lumba-mati-akibat-turis-usil-selfie-berkali-kali

Subscribe to receive free email updates: