19 Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan, Diet, Hipertensi, Diabetes, Kanker, dll

Terong belanda memiliki rasa asam manis dan memberikan efek yang menyegarkan. Mengonsumsi terong belanda memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kandungan yang ada di dalam terong belanda yaitu serat, protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin C dan air.

Walaupun namanya sama-sama terong, akan tetapi terong belanda sangatlah berbeda dari terong ungu atau terong hijau yang sudah umum diketahui dan sering dimanfaatkan sebagai sayuran pelengkap nasi lalapan.

Terong Belanda
Terong Belanda | Sumber gambar: Wikimedia.org

Terong belanda ini sebetulnya berasal dari wilayah benua Amerika. Buah ini disebut terong belanda karena awalnya diperkenalkan oleh seorang dari Belanda. Adapun dalam bahasa inggris, terong belanda disebut dengan nama "tamarillo".

Manfaat Terong Belanda

1. Mencegah Penuaan Dini
Serangan radikal bebas pada tubuh mengakibatkan timbulnya masalah pada kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu mengakibatkan kerusakan kulit. Dampak yang ditimbulkan membuat kulit terlihat kusam dan tidak indah, serta menyebabkan timbulnya keriput pada usia dini.

Di dalam terong belanda memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas, sehingga mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas, termasuk mencegah resiki penuaan dini.

Selain itu, terong belanda juga memiliki kandungan vitamin C dan E yang memberikan manfaat bagi kesehatan dan keindahan kulit. Kandungan tersebut membantu untuk menjaga kulit agar tetap kencang dan kenyal, serta membuat kulit bisa awet muda.

2. Membantu Mengatasi Diabetes
Terong belanda memiliki kadar glikemik yang rendah, itu artinya konsumsi terong merah sangat baik untuk menjaga kestabilan gula darah.

Selain itu, kandungan serat yang terkandung di dalam terong belanda berkhasiat untuk membantu menstabilkan gula darah, sehingga terhindar dari masalah kadar gula darah tinggi.

Dari laman Stylecraze.com, bahwa di dalam terong belanda terdapat senyawa asam klorogenat yang berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah, yang manfaat ini sangat penting untuk menghindari masalah yang ditimbulkan dari penyakit diabetes mellitus tipe-II.

Di dalam terong belanda terkandung antioksidan yang tinggi, yang berfungsi untuk meminimalisir masalah stres oksidatif pada organ tubuh seperti pankreas dan hati.

Dari laman Nutrition-and-you.com, bahwa terong belanda memilki kandungan antioksidan yang sangat baik, beupa senyawa polifenolik, flavonol dan senyawa anthocyanidin. Beberapa phytochemical termasuk asam chlorogenic, kaempferol, dan pigmen antosianin.

Pada hasil studi ilmiah yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa senyawa asam klorogenik (yang terkandung di dalam terong) mampu bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah pada diabetes mellitus tipe-II.


3. Menjaga Kesehatan Mata
Terong belanda memiliki kandungan vitamin A yang cukup tingi, hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dengan terpenuhinya asupan vitamin A bagi tubuh, maka bermanfaat untuk meningkatkan kualitas penglihatan mata.

Selain itu membantu untuk menurunkan resiko terkena penyakit katarak, rabun mata, dan silinder. Dari laman Stylecraze.com, menyebutkan bahwa konsumsi terong belanda sangat baik untuk menjaga penglihatan yang sehat.

Dimana kandungan vitamin A bekerja untuk mengembalikan kelembaban membran mata yang berfungsi dalam membantu menghalangi bakteri dan virus. Hal ini berguna untuk melindungi mata dari resiko infeksi, serta mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Dari laman Nutrition-and-you.com, menyebutkan bahwa kandungan antioksidan bersama-sama dengan vitamin-A (yang terkandung di dalam terong belanda) berfungsi untuk menjaga kesehatan visual yang baik.

Manfaat vitamin-A dan antioksidan juga untuk menjaga kesehatan kulit, melindungi kesehatan paru-paru dan mencegah penyakit kanker rongga mulut.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Hal-hal yang memicu timbulnya penyakit jantung yaitu mengalami masalah tekanan darah tinggi dan terjadinya gangguan pada fungsi pembuluh darah. Khasiat terong belanda yang memiliki kandungan magnesium, kalium, potasium dan mangan, bermanfaat untuk mencegah hal tersebut.

Dari laman Stylecraze.com, bahwa kandungan kalium yang ditemukan di dalam terong belanda befungsi untuk meminimalisir efek buruk dari kadar natrium yang tinggi dalam organ jantung.

Adapun kandungan magnesium berfungsi penting dalam menjaga sistem kardiovaskular tubuh. Terong belanda juga memiliki kandungan serat yang tinggi, manfaatnya untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga tubuh terhindar dari masalah buruk akibat konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Terong belanda juga memiliki sifat antioksidan yang kuat, hal ini sangat berguna dalam membantu mengurangi stres oksidatif yang berdampak pada resiko stroke.

5. Mengobati Sembelit
Terung Belanda mengandung vitamin C yang memiliki banyak manfaat, termasuk yang cukup dikenal adalah menyembuhkan sariawan dan memperkuat imun tubuh. Terung Belanda juga mengandung potasium, fosfor dan magnesium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang.

Adapun kandungan serat yang ada di dalam terong belanda mengandung serat bermanfaat untuk mengobati dan mencegah penyakit sembelit. Dimana kandungan terong belanda berfungsi penting dalam menjaga kesehatan pencernaan tubuh.

Kandungan antioksidan yang kuat pada terong belanda bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh yang lebih baik. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare bisa berkurang gejalanya dengan mengkonsumsi terong belanda. Kandungan serat ini yang sangat penting dalam melancarkan proses pencernaan.

Kandungan vitamin B kompleks yang ditemukan di dalam terong belanda juga berkontribusi untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan proses pergerakan usus dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

loading...

6. Membuat Tubuh Lebih Segar
Terong belanda yang mempunyai rasa yang cenderung asam dan rasanya juga sedikit kecut. Maka rasa asam pada terong belanda ini yang memberikan efek menyegarkan pada tubuh (termasuk membantu untuk membuat pikiran lebih fresh).

Banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi jus terong belanda dengan tambahan es batu dan air dingin.

Sehingga nantinya saat kondisi lelah dan agak mengantuk, maka mengonsumsinya mampu meminimalisir rasa lelah yang berlebihan, sehingga Anda bisa beraktivitas lebih panjang dan memiliki produktivitas yang lebih banyak.

7. Menurunkan Berat Badan
Terong belanda memiliki kandungan serat yang bermanfaat baik orang-orang yang ingin diet, sehingga mengonsumsi terong belanda menjadi cara ampuh untuk mengganjal perut agar tidak makan secara berlebihan. Dimana makan terong belanda juga bisa membuat keinginan ngemil menjadi berkurang.

Dari laman Stylecraze.com, bahwa sifat asam yang ada pada terong belanda berkhasiat untuk membantu mengurangi lemak di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh. Disamping itu, untuk menurunkan berat badan maka harus rutin berolahraga.

8. Mencegah Kanker
Dalam terong belanda memiliki kandungan senyawa likopen (sebagai antioksidan) yang berfungsi untuk menghadang serangan radikal bebas pada tubuh. Dimana salah satu dampak paling berbahaya dari radikal bebas adalah penyakit kanker.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam terong belanda bermanfaat untuk membantu memaksimalkan proses regenerasi sel DNA yang rusak, sehingga tidak memberikan ruang bagi sel kanker untuk berkembang.

Sangat penting agar tubuh terhindar dari kanker, maka Anda harus menghindari (membatasi) asupan makanan yang bersifat karsinogen, zat karsinogen memicu tingginya resiko kanker. 

9. Mengobati Sariawan, Panas Dalam dan Sakit Tenggorokan
Kandungan vitamin C  yang cukup tinggi di dalam terong belanda, memiliki khasiat penting dalam mencegah dan mengobati sariawan, sakit tenggorokan atau gejala panas dalam yang lainnya. Kandungan vitamin C memiliki fungsi penting dalam proses penyembuhan jenis penyakit panas dalam seperti sariawan dan lainnya.

10. Mengatasi Hipertensi
Di dalam terong belanda memiliki kandungan potassiun yang cukup tinggi. Kandungan potassium ini berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan detak jantung agar dalam kondisi normal. Sehingga dengan khasiatnya tersebut, terong belanda dapat dikatakan sebagai obat alami hipertensi.

Dari laman Stylecraze.com, menyebutkan bahwa meningkatkan asupan terong belanda mampu bermanfaat untuk menurunkan kadar tekanan darah tinggi. Kandungan dari mineral dan kalium juga memiliki fungsi untuk membantu mengontrol tekanan darah.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Konsumsi terong belanda bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal itu disebabkan terong belanda memiliki Vitamin C yang berfungsi penting dalam menjaga kekebalan tubuh, sehingga nantinya tubuh tidak mudah jatuh sakit, tubuh juga bisa lebih fit dan tidak mudah lelah


12. Mencegah Anemia
Terong belanda yang mengandung serat, vitamin A, vitamin C, likopen, dan antioksidan, selain itu terong Belanda juga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk menambah darah dan mencegah terkena penyakit anemia.

Gejala anemia yaitu tubuh mudah terserang penyakit, mudah letih, tubuh terasa lesu, dan jiwa tidak bersemangat dalam bekerja atau melakukan kegiatan.

13. Mengobati Penyakit Maag
Ketika sering mengalami masalah maag, Anda bisa memanfaatkan manfaat terong belanda ini untuk mengobati sakit maag. Konsumsi terong belanda mampu mengobati maag secara alami. Dimana di dalam terong belanda terkandung vitamin C yang bermanfaat untuk meminimalisir gejala maag, dan juga mencegah maag kambuh lagi.

Selain itu, agar maag tidak kambuh kembali, maka jangan sampai telat makan, usahakan makan dengan teratur.

14. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Parkinson
Tingginya resiko penyakit Alzheimer dan Parkinson disebabkan karena terjadinya kerusakan pada organ otak, yang kemudian mengakibatkan masalah pada kemampuan daya ingat dan gerak tubuh yang menurun.

Terong belanda memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang berfungsi untuk memperikan perlindungan pada organ otak. Senyawa antioksidan sangat berperan dalam mencegah penyakit alzheimer. Kandungan antioksidan berfungsi untuk membantu tubuh dalam melawan banyak jenis serangan penyakit.

15. Menurunkan Kolesterol
Terong belanda memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, maka disarankan agar Anda minum jus terong belanda, yang manfaatnya juga menjaga pembuluh darah tetap sehat dan bersih.

16. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Konsumsi terong belanda memmberikan manfaat untuk kesehatan dan kekuaran tulang dan gigi. Kandungan kalsium yang ditemukan di dalam terong belanda dapat menghindari terjadinya resiko tulang keropos, nyeri pada tulang, dan sakit gigi atau gangguan pada gigi.

Kalsium adalah mineral yang sangat diperlukan tubuh agar terhindar dari bermacam-macam penyakit. Hampir semua kalsium yang ada di dalam tubuh, berkumpul di bagian tulang dan gigi.

Dimana hanya 1% nya saja yang tersebar di bagian tubuh lainnya, seperti di bagian sel-sel otot, aliran darah, serta jaringan-jaringan tubuh yang lainnya.

Mineral kalsium yang ada di dalam tubuh bisa terus berkurang, hal ini sejalan dengan bertambahnya umur. Sehingga, sangat penting untuk memperhatikan kecukupan asupan kalsium bagi kebutuhan tubuh.

Pentingnya mencukupi kebutuhan kalsium, supaya terhindar dari bermacam-macam penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan asupan kalsium, salah satunya adalah penyakit osteoporosis.

17. Menjaga Kesehatan Kulit
Dari laman Stylecraze.com, bahwa di dalam terong belanda terkandung vitamin A, C dan E yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungna-kandungan yang ada di dalam terong belanda mampu untuk menjaga kulit agar bercahaya dan terjaga kesehatannya.

Kandungan lainnya seperti senyawa fenol, antosianin, dan flavonoid juga berperan dalam melindungi kulit dari masalah stres oksidatif dan polusi. Manfaat lainnya yaitu mencegah penuaan dini.

18. Menyembuhkan Bisul
Anda bisa memanfaatkan terong belanda sebagai obat luar untuk mengobati penyakit bisul. Caranya dengan mengoleskan secara langsung ke bagian kulit yang mengalami penyakit bisul. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi terong belanda sebagai pengobatan dari dalam.

19. Kaya akan Vitamin dan Nutrisi Lainnya.
Dari laman Stylecraze.com, menyebutkan bahwa terong belanda dikemas dengan asupan vitamin A, C, E dan pro-vitamin A. Selain itu, terkandung sumber vitamin B-kompleks seperti riboflavin, niasin dan tiamin.

Kandungan nutrisi yang ditemukan di dalam terong belanda adalah protein, kalsium, natrium, karbohidrat, lemak dan kalium.  dan natrium.

Kemudian juga terkandung mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, mangan, tembaga dan seng. Kandungan-kandungan di dalam terong belanda ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara Membuat Jus Terong Belanda
Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan adalah:
  • Terong belanda sekitar 100 gram
  • Batu es yang sebelumnya telah diserut
  • Yoghurt tawar 100 gram
  • Anggur merah 100 gram
  • Susu kental manis / sirup / madu (pilih salah satunya saja yang Anda suka, bebas)

Cara membuatnya: 
Pertama-tama masukan ke dalam blender semua bahan seperti terong belanda, yogurt, anggur merah, es yang telah diserut dan pelengkapnya (susu / madu / sirup).

Kemudian tinggal Anda blender, setelah itu hidangkan dalam kondisi dingin. Maka tinggal Anda nikmati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "19 Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan, Diet, Hipertensi, Diabetes, Kanker, dll"