Angka Kematian Akibat Rokok Menurut Who (Cara Mengurangi Merokok)

Jumlah kematian orang-orang akibat rokok pada setiap tahunnya masih tinggi. Permasalahan ini diaparkan oleh perwakilan WHO (Organisasi kesehatan dunia).

Menurut data WHO, rokok bahkan membunuh enam juta orang per tahun, yang sebagian besarnya adalah orang-orang yang berpenghasilan menengah ke bawah.

Tembakau (Rokok) membunuh sekitar 6 juta orang pada setiap tahunnya. Dimana jumah kematian dari perokok langsung (aktif) adalah lebih dari 5 juta kematian dalam setahun. Adapun jumlah kematian perokok pasif adalah lebih dari 600 000 orang dalam setahun.

Dilarang Merokok
Sumber gambar: Flickr.com

WHO mengungkapkan data bahwa hampir 80% dari 1 miliar perokok yang ada dunia adalah mereka yang tinggal di negara-negara yang berpenghasilan menengah ke bawah.

WHO juga mengungkapkan bahwa ada di beberapa negara, dimana anak-anak yang berasal dari keluarga miskin diperkerjakan di pertanian tembakau.

Hal ini membuat anak-anak tersebut dalam kondisi berbahaya karena beresiko terserang "penyakit tembakau hijau", yang terjadi karena paparan nikotin ke kulit tubuhnya.

WHO: Perokok Pasif Berbahaya
Tidak ada tingkat aman bagi perokok pasif yang terkena paparan asap dari perokok aktif. Bahkan ada yang mengatakan bahwa perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif.

Pada orang dewasa, perokok pasif beresiko terkena penyakit pernapasan serius, kanker paru-paru, dan penyakit jantung (termasuk jantung koroner). Adapun pada bayi bisa mengakibatkan kematian mendadak.

Bahaya pada wanita hamil bisa mengakibatkan berat badan bayi yang lahir menjadi rendah. Perokok pasif ini mengakibatkan lebih dari 600 000 kematian bayi prematur dalam setahunnya.

Adapun data yang pernah diambil di tahun 2004, menunjukan bahwa anak-anak menyumbang 28% dari total kematian dari kalangan perokok pasif.


WHO mengungkapkan bahwa kecenderungan bisa saja terus meningkat, sehingga total kematian karena penggunaan tembakau bisa meningkat menjadi delapan juta jiwa per tahun di tahun 2030.

Banyak cara dilakukan menekan dampak buruk akibat rokok ini, salah satu cara yang dilakukan di beberapa negara (termasuk Indonesia) yaitu dengan menerbitkan peraturan berupa pemasangan peringatan berupa gambar bahaya akibat rokok di kemasan rokok. Hal ini awalnya digagas oleh WHO.

Selain WHO, lembaga yang juga berusaha untuk meminimalisir angka kematian akibat rokok adalah World Lung Foundation (WLF).

Lembaga ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan untuk meningkatkan kesehatan secara global. Fokus dari lembaga adalah untuk menekan dampak buruk penggunaan tembakau, pengobatan dan pencegahan resiko asma, kesehatan paru-paru anak-anak, dan menekan tingkat kematian pada masa kehamilan.

Berdasarkan laporan WHO, bahwa sekarang ada 2,3 miliar orang dari 92 negara yang memperoleh manfaat dari adanya aturan larangan merokok dan kampanye anti rokok. Dimana angka ini sebenarnya cuma mewakili sepertiga dari populasi dunia saja, yang total populasi dunia adalah 7-8 miliar.

Dalam sejam 46 orang meninggal dunia akibat kebiasaan buruk merokok. Dimana total 1.127 orang meninggal dalam sehari akibat rokok. Hal ini terjadi dalam setiap harinya.

Hal ini diungkapkan oleh Tulus Abadi, seorang Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yangm mengambil data dari survei Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia di tahun 2007.

Dengan kondisi sekarang di tahun 2017, maka kemungkinan besar jumlah kematian akibat rokok di Indonesia bisa jauh lebih besar lagi angkanya.

Dari angka kematian tersebut, hal yang menjadi ironis adalah bahwa sekitar 14,5 persen dari total kematian akibat rokok tersebut, ternyata adalah mereka yang masih dalam masa usia remaja. Hal ini dikatakan oleh Tulus Abadi.

loading...

Kematian Akibat Merokok, Indonesia Tempati Peringkat Ketiga di Dunia
Indonesia menempati urutan ketiga setelah China dan India, sebagai negara yang memiliki kasus kematian tertinggi akibat rokok.

Yayi Suryo Prabandari, seorang peneliti Pusat Kajian Bioetik dan Perilaku Kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkapkan bahwa dari total kasus kematian akibat rokok di Indonesia, maka Indonesia menempati urutan ketiga di dunia setelah China dan India.

Prof Dr Sunarto yang merupakan seorang peneliti, mengatakan bahwa Indonesia adalah satu-satunya negara di kawasan Asia Pasifik yang ternyata masih belum mengikuti anjuran dari pengaturan penggunaan bahan tembakau berdasarkan aturan FCTC (Framework Convenstion on Tobaco Control).

Konvensi tersebut sudah ditandatangani 160 negara, dimana salah satunya poinnya adalah membuat aturan ketat penggunaan dan produksi bahan tembakau untuk rokok. Selain itu juga mengatur iklan rokok, perlindungan perokok pasif dan aturan ketat pada penggunaanya untuk meninimalisir dampak dari rokok.

Di seperti Thailand dan Singapura, sudah ditetapkan aturan bahwa di dalam bungkus rokok diwajibkan untuk memuat foto korban bahaya rokok dengan jelas. Penelitian menunjukan bahwa cara ini efektif untuk menekan jumlah perokok.

Tips Ampuh Mengurangi Merokok (Bahkan Berhenti Sepenuhnya)

1. Beritahuan bahwa Anda ingin berhenti merokok pada keluarga dan teman-teman Anda. Dengan begitu mereka sedikit-banyak nantinya akan membantu secara psikologis agar Anda sukses untuk menghindari rokok.

2. Carilah kesibukan, terutama saat awal-awal mencoba berhenti merokok. Hal ini untuk mengalihkan keinginan Anda untuk merokok, dialihkan ke hal lainnya. Anda bisa menyibukan diri dengan berolahraga, membaca buku, janan-jalan santai, bersepeda dan aktivitas lainnya.

3. Jangan Begadang. Anda harus mencukupi kebutuhan tidur, serta hindari tidur terlalu larut malam, terutama jangan begadang karena itu nantinya menimbulkan keinginan untuk merokok pada diri Anda.


4. Minum lebih banyak air putih, karena kurang minum air putih akan membuat Anda rentan untuk merokok. Dengan minum air putih yang cukup maka keinginan merokok akan berkurang.

Air putih yang diminum juga membantu menghilangkan racun dari rokok di dalam tubuh hal ini akan mengurangi keinginan untuk merokok.

5. Biasakan untuk menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari di tempat yang tidak diperbolehkan merokok. Contohnya, Anda bisa pergi ke perpustakaan, toko buku, dan lainnya.

6. Buatlah tangan anda sibuk, karena jika tangan Anda tidak memegang sesuatu, dikhawatirkan nanti malah muncul keinginan untuk memegang rokok. Anda bisa memegang pena, secarik kertas atau lainnya, yang penting bukan rokok.

7. Setelah makan, maka hendaknya berdiri segera dari meja makan lalu Anda bisa sikat gigi, jalan-jalan atau lainnya. Hal ini mencegah munculnya godaan untuk merokok setelah makan.

8. Anda bisa menggunakan permen sebagai pengganti nikotin. Jika keinginan untuk merokok muncul, maka lebih baik memilih makan permen karet saja.

9. Jangan berpikir bahwa berhenti merokok adalah siksaan, namun berpikirlah bahwa berhenti merokok berarti Anda akan memperoleh banyak manfaat darinya, baik itu dari sisi ekonomi, kesehatan dan lainnya.

10. Usahakan semampunya untuk menjauhi teman-teman yang sudah ketagihan merokok. Hindari berada di tengah-tengah ‘penggila’ rokok. Karena saat kiri-kanan Anda semuanya merokok, maka sangat dikhawatirkan hal ini membuat Anda akan ikut merokok.

11. Selama ini, mungkin para perokok berpikir bahwa merokok dapat menghilangkan stres berkat kandungan nikotin di dalamnya. Namun, yang terjadi sebenarnya terjadi adalah bahwa perokok sedang dalam kondisi gejala putus obat dari nikotin, sehingga seolah-olah merokok akan terasa menenangkan.

Penting diketahui, efek menenangkan nikotin itu hanya sementara. Nikotin bukanlah obat meredakan stres. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa tingkat stres orang yang berhenti merokok akan menurun ketimbang ketika mereka masih merokok.

12. Anda harus mengetahui kengerian akibat merokok, sehingga carilah gambar nyata akibat merokok, lalu simpan gambar tersebut atau letakan pada tempat yang sering Anda lihat.

13. Anda perlu menyiapkan selalu permen. Yang dengan begitu ketika keinginan untuk merokok muncul, maka kunyahlah sesuatu seperti permen. Maka hasrat merokok-pun menjadi hilang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Angka Kematian Akibat Rokok Menurut Who (Cara Mengurangi Merokok)"