19 Khasiat Minyak Bunga Matahari: Untuk Kesehatan, Kecantikan, Kulit, Wajah, Rambut, dll

Minyak bunga matahari diperoleh dari biji bunga matahari. Para pecinta keindahan bunga sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bunga matahari.

Pada biji bunga matahari bisa memproduksi minyak, dimana minyak biji bunga matahari diperoleh dari pengekstrakan dari biji bunga matahari.

Kandungan berupa beta-karoten dan vitamin A yang ada di dalam minyak biji bunga matahari, menjadi salah satu kandungan yang paling bermanfaat.

Secara umum, minyak bunga matahari mempunyai kandungan nutrisi yang cukup seimbang, sehingga memberikan kegunaan penting bagi kesehatan tubuh. Selain vitamin A, terdapat kandungan vitamin E dan lemak sehat Omega-6.

Minyak Bunga Matahari
Minyak Bunga Matahari | Sumber gambar: Torange.biz

Manfaat Minyak Bunga Matahari

1. Menurunkan Kolestrol Jahat
Kolestrol tinggi bisa menyebabkan masalah yang mengerikan bagi kesehatan tubuh, yang paling umum diketahui adalah menyebabkan penyakit jantung, bahkan stroke.

Kandungan yang ada di dalam minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kandungan omega-3 dan 6 yang sudah umum diketahui terdapat pada ikan, kandungan sehat ini juga terdapat pada minyak biji bunga matahari ini. Manfaat omega-3 dan 6 ini sangat penting dalam mengatasi masalah kolestrol tinggi (LDL).

Kandngan omega-3 dan 6 juga bisa diperoleh dari ikan salmon, tuna, kacang almond, dan kacang-kacangan lainnya.

Dari laman Amazine.co, bahwa kandungan asam lemak omega-3 memiliki fungsi yang vital dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam mengatasi dan mencegah tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kandungan omega-3 berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Fungsi HDL adalah melindungi kesehatan organ jantung dan lainnya.

Mereka yang mencukupi kebutuhan tubuh akan omega-3, dijelaskan para ahli kesehatan bahwa mereka juga mampu menurunkan jumlah trigliserida di dalam darah.

Tingginya kadar LDL dan trigliserida mengakibatkan masalah berupa penumpukan plak di dinding arteri, yang kemudian bisa menyebabkan tingginya resiko seseorang terkena penyakit jantung atau stroke.

Sebagian para ahli kesehatan menjelaskan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan mampu menurunkan  kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Hal itu karena adanya kandungan penting asam lemak omega-3 di dalamnya.

Demikian juga, minyak bunga matahari memiliki kandungan omega-3 yang bermanfaat untuk itu.

Ahli kesehatan dari University of Maryland menjelaskan bahwa makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 memiliki keampuhan yang tinggi dalam usaha menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh.

2. Membantu Mencegah Kanker
Tanda-tanda kemunculan kanker saat awal-awal tubuh terkena kanker, umumnya orang-orang tidak menyadarinya karena tidak terasa. Seringkali ketika kanker baru memasuki stadium pertama tidak disadari kemunculannya.

Sehingga melakukan usaha kesehatan agar tercegah dari resiko kanker adalah hal yang sangat penting. Vitamin E yang terkandung di dalam minyak bunga matahari adalah antioksidan yang memiliki fungsi vital dalam menangkal serangan radikal bebas ke tubuh.

Dimana bahaya radikal bebas ini sangat serius, dampaknya bisa menyebabkan seseorang menglami kanker. Dimana serangan radikal bebas ini mengakibatkan tejadinya kekacauan pada sel-sel tubuh.

Sel-sel yang awalnya merupakan sel yang normal akan bermutasi menjadi bentuk-bentuk sel kanker. Resiko kanker usus besar dapat diminimalkan dengan rutin mengonsumsi minyak bunga matahari.

Dari laman Sylecraze.com, bahwa kandungan karotenoid yang ada di dalam minyak bunga matahari berkhasiat untuk membantu menurunkan resiko kanker paru-paru, kanker kulit dan kanker rahim.



3. Untuk Kesehatan dan Keindahan Kulit
Khasiat dari minyak bunga matahari bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan kulit, disamping juga membuat kulit lebih indah. Hal itu karena kandungan vitamin E di dalam minyak bunga matahari yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Fungsi kandungan vitamin E ini yaitu menangkal paparan sinar UV / matahari yang berbahaya bagi kulit, sehingga efek buruk dari terlalu lama berada di bawah sinar matahari langung, bisa untuk diminimalisir. Manfaat lainnya yaitu untuk melancarkan proses regenerasi sel kulit.

Kandungan vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada sel-sel kulit yang sensitif akibat sinar ultraviolet.

Demikian juga, kandungan beta karoten di dalam minyak bunga matahari berfungsi dalam menangkal dan mengontrol radikal bebas yang masuk menyerang ke dalam tubuh, agar mencegah terjadinya kerusakan pada kulit, bahkan juga mencegah kulit terbakar dan mencegah kanker kulit akibat serangan radikal bebas.

Penggunaan minyak bunga matahari juga sering dilakukan dalam usaha perawatan kulit, dimana minyak bunga matahari dinilai ampuh untuk membuat kulit menjadi lentur dan lembut, sehingga hal ini juga membantu mencegah terjadinya penuaan dini

Minyak bunga matahari juga menjadi sumber asam lemak esensial yang berfungsi untuk memproteksi kulit dari terkena masalah infeksi bakteri. Sehingga bermanfaat untuk menjadikan kulit yang cerah dan sehat.

4. Untuk Rambut dan Kulit Kepala
Minyak bunga matahari dinilai memiliki khasiat luar biasa dalam menjaga kesehatan dan keindahan rambut, karena di dalamnya terkandung nutrisi penting berupa vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, Asam lemak dan asam folat.

Selain itu, terkandung mineral penting berupa kalsium, kalium dan zat besi. Kandungan Asam lemak omega sudah umum diketahui memiliki fungsi untuk memperkuat rambut agar tidak mudah rontok.

Pada beberapa studi menyatakan bahwa bahan minyak bunga matahari bisa diaplikasikan pada rambut, yang akan memberikan manfaat berupa perlindungan rambut dari paparan sinar matahari.

Rambut bisa lebih terjaga kesehatannya dan dapat meminimalisir dampak buruk dari terkena sengatan sinar matahari yang lama, dimana rambut tetap terjaga kesehatannya, kekuatannya dan juga rambut bisa lebih bersinar.

Kandungan di dalam minyak bunga matahari berperan sebagai emolien pada kulit kepala, guna menjaga kelembaban rambut.

Masalah kulit kepala kering perlu mendapatkan perhatian serius karena akibatnya yang bisa merugikan, baik pada rambut maupun kulit kepala itu sendiri, salah satunya bisa memicu timbulnya ketombe.

Bahan minyak bunga matahari ini bisa diandalkan untuk mengatasinya, bahan minyak bunga matahari seringkali dimanfaatkan di dalam produk perawatan rambut.

Anda bisa megaplikasikan minyak bunga matahari pada rambut sehingga nantinya bisa untuk mengatasi permasalahan rambut rusak dan kering. Caranya:
  1. Pertama-tama siapkan kantong plastik
  2. Tuangkan minyak bunga matahari pada cangkir, setengahnya saja, jangai sampai penuh. Lalu masukan pada kantong plastik yang sudah disiapkan tersebut.
  3. Anda masukan juga pada kantong plastik tersebut minyak esensial berupa lavender, masukan sebanyak sepuluh tetes saja.
  4. Tambahkan juga sebanyak dua sendok teh minyak vitamin E 1, serta satu sendok makan madu.
  5. Kemudian kocok kantong plastik tersebut beberapa lama, hingga bahan-bahan di dalamnya tercampur hingga merata. Pastikan dalam mengocok, kantong plastik dalam keadaan rapat sehingga bahan-bahan di dalamnya tidak tebuang keluar.
  6. Lalu siapkan sebuah mangkok besar yang di dalamnya diisi dengan air panas (jangan diisi air panas secara penuh).
  7. Anda taruh kantong plastik tersebut di atas mangkok berisi air panas tersebut.
  8. Biarkan beberapa lama, agar bahan ramuan di dalam kantong plastik menjadi hangat.
  9. Setelah itu, buka kantong plastik, ambil ramuan tersebut lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Setelah mengoleskan sampai merata, maka tutupi rambut menggunakan handuk hangat.
  10. Setelah beberapa waktu, barulah lakukan keramasi pada rambut.
  11. Bersihkan rambut hingga bersih kembali.

loading...

5. Mengatasi Jerawat
Timbunya jerawat akibat kotoran dan minyak berlebih pada folikel wajah yang ada dibagian bawah kulit wajah. Jerawat terjadi akibat jarang untuk mencuci wajah, apalagi setelah lama berada di jalanan besar.

Minyak bunga matahari yang di dalamnya kaya akan kandungan vitamin dan asam lemak esensial, memiliki fungsi yang penting sebagai lapisan pelindung bagi kulit wajah. Sehingga mencegah wajah mengalami peradangan, infeksi dan semacamnya.

Kandungan di dalam minyak bunga matahari dinilai efektif untuk membantu mencegah dan menghilangkan jerawat.

Untuk melakukannya, bahkan termasuk untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Maka caranya hanya dengan mengaplikasikan (mengoleskan) minyak bunga matahari pada bagian jerawat di wajah.

Kandungan vitamin A, C, D, dan E, serta asam lemak esensial berfungsi untuk membantu menghilangkan jerawat, juga membuat wajah lebih cerah.

6. Menjaga Kesehatan Jantung
Minyak bunga matahari memiliki kandungan penting vitamin E yang tinggi. Jenis lemak yang umum terkandung di dalam minyak bunga matahari yaitu jenis lemak tak jenuh, baik itu yang tunggal maupun ganda. Ini adalah jenis lemak yang sehat.

Kandungan lemak sehat tersebut yang dikombinasikan dengan kandungan vitamin E, menjadikan minyak bunga matahari cukup efektif dalam menjaga kesehatan jantung, dan secara umum termasuk minyak yang sehat untuk dikonsumsi.

Dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, yaitu termasuk keseimbangan asupan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, bermanfaat besar untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penyakit yang dikatakan para ahli kesehatan merupakan penyakit yang paling mematikan.

Menurut Dietary Guidelines dari badan ‘U.S. Department of Health and Human Services’, bahwa kadar lemak yang masih terkontrol dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi, yaitu idelanya 20 sampai 35 persen kalori adalah berasal dari lemak.

Itu setara dengan konsumsi batas lemak yang aman adalah 44-78 gram lemak per hari, dari total 2.000 kalori (kebutuhan harian). Itu adalah batas aman konsumsi lemak. Setiap orang mungkin memiliki tingkat kebutuhan kalori yang berbeda-beda, tergantung kondisinya.

Dengan konsumsi asupam lemak yang terkontrol (tidak berlebihan dan tidak kekurangan), mampu menjaga berat badan yang sehat dan ideal.

Konsumsi minyak bunga matahari dalam jumlah tepat (di dalamnya terkandung lemak sehat) bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan menjaga berat badan yang ideal

Dari laman Stylecraze.com. Terdapat kandungan lainnya pada minyak bunga matahari yaitu asam fenolik dan kolin, kedua kandungan tersebut juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan organ jantung.

Dari laman Organicfacts.net. Minyak bunga matahari yang tidak mengandung lemak jenuh, hal ini artinya manfaatnya mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Dengan begitu, maka menurun juga resiko terjadinya penyumbatan arteri, serta resiko serangan jantung, stroke dan hipertensi.


7. Menenangkan Saraf Dan Otot Tubuh
Di dalam minyak bunga matahari terdapat magnesium, fungsinya untuk menjaga keseimbangan zat kalsium di dalam tubuh. Dengan kadar zat kalsium yang tepat di dalam tubuh, memberikan manfaat untuk ketenangan saraf dan otot tubuh.

Kandungan magnesium ini membuat saraf pembuluh darah bisa berjalan dengan normal / sehat. Adapun jika seseorang kekurangan asupan magnesium akan berdampak buruk berupa resiko mengalami kejang otot tubuh, kram otot, hipertensi, migrain, dan tubuh rentan mengalami nyeri.

Dari laman Stylecraze.com. Folat atau asam folat yang ditemukan di dalam minyak bunga matahari bermafaat untuk mengoptimalkan proses pembuatan sel-sel baru di dalam tubuh. Kandungan magnesium dapat mencegah kram otot.

Disamping itu, kandungan triptofan bermanfat untuk membuat rileks otak dan membuat tidur bisa lebih nyenyak karena fungsinya yang membantu produksi neurotransmitter yaitu senyawa serotonin.

8. Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan magnesium juga memiliki fungsi penting untuk kebutuhan tulang yang mencukupi, bahkan asupan magnesium termasuk kebutuhan yang utama dalam perkembangan tulang di dalam tubuh, sehingga tulang bisa tumbuh dengan sehat.

9. Mencegah Depresi
Kandungan magnesium juga bermanfaat untuk menstabilkan gangguan hati, sehingga mengonsumsi minyak bunga matahari berkhasiat untuk menjaga mood, serta mencegah depresi dan rasa cemas yang berlebihan. Kandungan magnesium bekerja di dalam tubuh untuk mengatur produksi oksida nitrat neuronal.

10. Untuk Kulit Wajah
Manfaat minyak bunga matahari berguna untuk mengatasi kulit kering, serta mencegah terjadinya iritasi dan peradangan pada kulit.

Kandungan beta karoten berfungsi untuk mengontrol radikal bebas yang menyerang, agar tidak memberikan dampak pada kerusakan kulit.

Selain itu, minyak buanga matahari mengandung asam lemak esensial serta vitamin A, C, D, dan E yang berkhasiat untuk melawan dampak buruk yang disebabkan serangan bakteri pada kulit.

Kandungan di dalam minyak bunga matahari juga memiliki keampuhan untuk membantu menghilangkan jerawat dan membuat kuli wajah lebih cerah.

Selain manfaatnya untuk memproteksi kulit agar terhindar dari dampak buruk sengatan sinar UV, minyak bunga matahari juga bermanfaat untuk membantu mencegah penuaan dini.

Penggunaan bahan minyak bunga matahari yang dilakukan rutin mampu menurunkan resiko penuaan dini. Tanda-tanda penuaan seperti munculnya keriput pada kulit. Kandungan Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh untuk menjadikan kulit terlihat cerah dan segar.

11. Pembersih Kulit Secara Umum
Anda bisa memanfaatkan minyak bunga matahari untuk membersihkan kulit. Anda bisa mencampurnya dengan minyak jarak untuk kemudian diaplikasikan pada kulit. Manfaatnya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati, serta bisa membuat kekenyalan kulit tetap terjaga baik, sehingga Anda bisa tercegah dari tanda-tanda penuaan dini.

Baik itu mengaplikasikan langsung ke kulit, maupun dengan mengonsumsinya, minyak bunga matahari bermanfaat untuk banyak hal, yaitu:
  • Membuat kulit lembut.
  • Mengatasi masalah kulit kering
  • Membantu untuk menghilangkan atau mencegah timbulnya lingkaran hitam pada mata.
  • Membuat mata agar bisa tetap rileks walaupun dalam keadaan lelah.
  • Membantu untuk menghilangkan bintik-bintik gelap pada wajah
  • Menghilangkan bekas jerawat.
  • Bisa dimanfaatkan untuk menghapus bekas riasan hingga bersih.

12. Mencegah Arthritis
Dari laman Medindia.net. Kandungan di dalam minyak biji bunga matahari dinyatakan telah mampu untuk mencegah terjadinya masalah peradangan / inflamasi. Kandungan lipid utama berupa asam linoleat, mampu bekerja untuk mengurangi gejala peradangan yang muncul di kulit.

Kandungan ini bekerja dengan mengaktifkan peroksisom proliferatif-activated receptor-alpha (PPAR-α). Berdasarkan penelitian, hal itu sudah dikaitkan dengan penurunan tingkat keparahan penyakit rheumatoid arthritis.

13. Mencegah Asma
Dari laman Organicfacts.net. Fungsi kandungan minyak bunga matahari yang mampu berperan dengan baik sebagai anti-inflamasi, membuatnya dinyatakan oleh para ahli kesehatan mampu bermanfaat untuk menurunkan tingkat keparahan serangan asma, hal ini berkat sifat anti-inflamasinya itu.

Dari laman Medindia.net. Kandungan vitamin E yang ada di dalam minyak bunga matahari mampu mengurangi dan mencegah kerusakan pasokan oksigen ke jaringan tubuh, serta bisa mengobati peradangan, nyeri, dan reaksi alergi.

Sejumlah studi telah menemkan bahwa manfaat kandungan vitamin E dapat mengurangi bahaya bronkokonstriksi yang terkait dengan peningkatan resiko asma. 

14 . Mencegah Penuaan Dini
Kandungan Vitamin E yang mampu melindungi kulit dari resiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, juga ampuh dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini. Secara berkala pemanfaatan minyak bunga matahari ini mampu mencegah ataupun mengurangi keriput pada kulit.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak bunga matahari mampu melindungi kulit dari banyak masalah yang menganggu keindahan dan kesehatan kulit, serta bisa membuat kulit bisa terlihat selalu muda.

kandungan di dalam minyak bunga matahari mampu mencegah munculnya garis-garis halus, kulit keriput dan berbagai bentuk tanda penuaan lainnya.

Dari laman Stylecraze.com. Sering terkena paparan radikal bebas serta sinar matahari menimbulkan resiko peningkatan laju penuaan kulit, yang akhirnya mengakibatkan muculnya keriput dan garis-garis halus pada usia muda. Sifat antioksidan dari minyak bunga matahari mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

15. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh
Dari laman Medindia.net. Minyak bunga matahari memiliki kandungan asam linoleat yang mencukupi untuk pemeliharaan respon imun tubuh. Kandungan asam linoleat diperlukan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar berjalan dengan normal.

Kandungan asam lemak esensial di dalam minyak bunga matahari ini membantu untuk membangun sel-sel baru dan jaringan tubuh, yang hal ini bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

16. Menyehatkan Pencernaan
Dari laman Medindia.net. Minyak biji bunga matahari terdapat kandungan tinggi asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), kandungan ini mampu bermanfaat untuk meningkatkan daya cerna tubuh sehingga Anda akan memiliki pencernaan yang terjaga kesehatannya.

17. Membantu Bantuan Berat Badan
Dari laman Medindia.net. Pada sebuah penelitian, konsumsi minyak bunga matahari dapat meningkatkan kadar adiponektin pada wanita pasca-menopause, yang hal ini dinyatakan mampu mengurangi berat badan. Adiponektin memiliki fungsi dalam membantu proses pemecahan asam lemak di dalam tubuh.

18. Mengilaukan Rambut dan Mencegah Rambut Rontok
Dari laman Stylecraze.com. Minyak bunga matahari dapat melembutkan rambut dan juga membuat rambut semakin kemilau. Minyak biji bunga matahari membantu untuk mengatasi masalah kekeringan dan kerusakan pada rambut.

Kandungan yang ada di dalam minyak ini mampu mempertahankan kilau dan tekstur rambut yang normal dan sehat. Anda bisa mengaplikasikan minyak bunga matahari pada rambut dan kulit kepala, sembari memijat pada kulit kepala dalam penggunaannya.

Minyak bunga matahari kaya akan kandungan penting yaitu gamma alpha linolenic acid (GLA) yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penipisan rambut. Sehingga penggunaannya mampu diandalkan dalam mengatasi masalah rambut rontok, kebotakan dan beberapa masalah rambut lainnya.

19. Meningkatkan Energi / Tenaga
Dari laman Organicfacts.net. Kandungan asam lemak yang terkandung di dalam minyak bunga matahari bermanfaat untuk memberikan peningkatan energi tubuh.

Kandungan lemak jenuh bedampak buruk yaitu membuat Anda merasa lemah tubuh dan tidak bersemangat.

Adapun yang ada di dalam minyak bunga matahari adalah kandungan lemak tak jenuh yang justru bermanfaat untuk membuat Anda selalu merasa berenergi, dan memiliki ketersediaan tenaga yang cukup dalam menjalani aktivitas padat seharian.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Konsumsi Minyak Bunga Matahari
Dari laman JPNN.com, Sulit untuk tidak menggunakan minyak dalam mengolah bahan makanan, apalagi jika Anda pecinta gorengan. Memilih minyak yang sehat bisa menjadi pemecahan masalah ini.

Dimana banyak ahli kesehatan pun banyak yang menyarankan untuk penggunaan minyak nabati karena dinilai tidak memberikan dampak buruk berupa hipertensi dan kolesterol. Akan tetapi, faktanya minyak nabati tak selamanya menyehatkan.

Saat memanaskan minyak nabati, yang salah satu contohnya adalah minyak bunga matahari, maka akan menghasilkan sebuah jenis zat kimia yang bisa membahayakan yaitu aldehida. Dimana zat tersebut, berdasarkan penelitian sudah dihubung-hubungkan dengan peningkatan resiko penyakit kanker, penyakit jantung dan demensia.

Profesor kimia, Martin Grootveld mengatakan “Saya terkejut karena saya selalu berpikir minyak nabati merupakan minyak yang sehat,”.

Pada sebuah studi yang dilakuakannya, Grootveld melakukan penelitian pada orang-orang yang memasak dengan menggunakan berbagai jenis minyak. Kemudian, semuanya itu dilakukan analisa mendalam, dengan bantuan pihak ahli kesehatan dari De Montfort University, Leicester, Inggris.

Hasilnya, ternyata struktur molekul ternyata berubah pada suhu sekitar 356 Fahrenheit, dimana ini mengakibatkan terjadinya oksidasi, yang kemudian memunculkan zat kimia berbahaya aldehida dan peroksida lipid.

John Stein, profesor emeritus ilmu saraf di Oxford, menjelaskan bahwa konsumsi minyak nabati juga bisa menyebabkan gangguan pada organ otak.

Oleh karena itu, walaupun katanya minyak sehat, tetap saja konsumsi minyak bunga matahari tidak boleh berlebihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "19 Khasiat Minyak Bunga Matahari: Untuk Kesehatan, Kecantikan, Kulit, Wajah, Rambut, dll"