10 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Secara Efektif (Termasuk Bekasnya)

Tentunya semua orang tidak menginginkan adanya jerawat di wajah. Seringkali jerawat yang muncul, benar-benar membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri.

Munculnya jerawat yang berupa benjolan ini, terjadi karena adanya kejadian pori-pori di wajah yang tersumbat. Selain itu faktor pemicu jerawat di wajah adalah adanya inflamasi atau peradangan yang terjadi di kulit wajah.

Secara umum, jerawat muncul karena kebiasaan atau pola hidup yang kurang sehat, diantaranya malas membasuh wajah dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Banyak orang yang mencari tentang cara menghilangkan jerawat membandel di wajah. Maka langsung  saja, berikut di bawah saya akan memaparkan tips-tips untuk bisa menghilangkan serta mencegah jerawat muncul kembali.

Cara Menghilangkan Jerawat
Jerawat | Sumber gambar: Pixabay.com

Tips-tips Penting untuk Menghilangkan Jerawat

1. Hal Pertama, Usahakan Untuk Tidak Menyentuh Jerawat, Apalagi Dipencet
Sebuah kesalahan besar ketika Anda sampai memencet jerawat, ada banyak masalah yang muncul (disamping jerawat semakin parah tentunya). Masalah yang pertama yaitu terjadi iritasi parah, yang bisa menyebabkan rasal gatal muncul dan semakin menjadi-jadi, terjadinya luka pada kulit, hulit memerah, hingga bisa muncul rasa perih pada jerawat.

Terjadinya iritasi ini karena kuman dan bakteri yang ada di dalam jerawat, kemudian dipencet sehingga menyebabkan kuman dan jerawat keluar.

Dampak dari bakteri dan kuman yang keluar ini, justru akhirnya mengakibatkan masalah serius pada wajah. Kuman semakin menyebar di wajah (untuk mengifeksi), yang awalnya hanya berada di satu titik.

Masalah selanjutnya yaitu terjadi infeksi pada wajah. Setelah jerawat di wajah dipencet, memang jerawat terlihat mengempes, akan tetapi ini bukanlah tanda-tanda baik karena akan muncul masalah infeksi pada wajah yang jerawatnya dipencet.

Munculnya infeksi ini bisa berakibat cukup fatal bagi kesehatan wajah, dimana kuman dan bakteri akan dapat berkembang biak sangat cepat, yang akhirnya menimbulkan masalah pada wajah.

Masalah ini mengakibatkan kemunculan jerawat menjadi bertambah parah. Memencet jerawat justru akan mengakibatkan jerawat menyebar di wajah, yang membuat kondisi jerawat semakin buruk berupa munculnya jerawat di bagian lain pada wajah.

Masalah lainnya dari memencet jerawat adalah menimbulkan bekas luka yang terlihat jelas dan beresiko bersifat permanen bekasnya.

Bahaya paling serius dari memencet jerawat adalah dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan. Terutama dapat terjadi pada orang yang mengalami masalah kelainan sistem pembekuan darah.

Gejala yang berkemungkinan muncul dari pendarahan ini yaitu sulit konsentrasi, tubuh terasa lesu dan kurang bersemangat, serta sistem imun tubuh yang menurun.

Dengan bahayanya yang sudah Anda ketahui, jadi jangan sampai memencet jerawat. Selain itu, usahakan juga agar tangan tidak menyentuh jerawat.

Karena kondisi tangan yang umumnya banyak kuman, sehingga untuk meminimalisirnya usahakan tangan untuk sering-sering dibersihkan, karena sering tanpa sadar tangan menyentuh wajah.

2. Ramuan Masker Alpukat dan Madu
Untuk membantu menghilangkan jerawat dengan cepat, maka Anda bisa memanfaat bahan alami berupa madu dan alpukat. Bahan seperti madu memiliki fungsi untuk membunuh bakteri.

Adapun bahan alpukat kelebihannya yaitu mengandung vitamin E yang cukup banyak, yang bermanfaat untuk meminimalisir masalah inflamasi atau radang di kulit wajah.

Berikut cara memanfaatkan alpukat dan madu untuk menghilangkan jerawat secara alami:
  1. Pertama-tama, sediakan buah alpukat, lalu ambil dagingnya.
  2. Masukan daging buah alpukat ke dalam sebuah wadah.
  3. Kemudian, jadikan daging buah alpukat menjadi halus.
  4. Masukan satu sendok madu, kemudian aduk secara merata
  5. Masukan perasan lemon (kalau tidak ada, tidak apa-apa)
  6. Setelah ‘masker wajah’ jadi, maka gunakan (oleskan) ke wajah.
  7. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan selama 20 menit.
  8. Setelah itu, baru bersihkan wajah menggunakan air hangat (INGAT! Air hangat, jangan terlalu panas airnya karena membahayakan wajah).


3. Mulailah Rutin Berolahraga Untuk Menghilangkan Jerawat
Mungkin Anda bertanya-tanya: “Apa hubungannya antara rajin beroahraga dengan menghilangkan jerawat?” Perlu diketahui, aktivitas fisik memiliki manfaat penting bagi kesehatan kulit.

Pada sebuah studi baru, ilmuwan telah mengungkapkan bahwa mereka yang berjerawat umumnya kurang berolahraga (aktivitas fisik) dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berjerawat.

Intinya, orang-orang yang tidak berjerawat umumnya mereka adalah orang yang terbiasa berolahraga.

Olahraga yang dilakukan berfungsi untuk meningkatkan proses aliran darah di dalam tubuh. Manfaat dari lancarnya aliran darah di dalam tubuh adalah kulit akan memperoleh oksigen yang mencukupi.

Selain itu, seseorang yang mengeluarkan keringat saat berolahraga, maka racun yang ada di dalam tubuh akan ikut terbuang bersamaan dengan keluarnya keringat.

Sehingga olahraga yang membuat tubuh berkeringat sangatlah penting, untuk membersihkan pori-pori di kulit Anda.

Olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan dan fungsi organ-organ tubuh. Salah satunya organ ekskretoris yang nantinya akan berfungsi lebih optimal.

Organ ekskretoris berfungsi untuk mengekstrak dan mengambil manfaat nutrisi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi, serta berfungsi untuk membuang racun dari dalam tubuh.

Manfaat lainnya dari olahraga adalah mampu menurunkan resiko stres dan menyeimbangkan produksi hormon di dalam tubuh agar sesuatu kebutuhan tubuh (tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan).

Orang yang sering mengalami stres, maka dirinya semakin beresiko mengalami jerawat. Olahraga yang dilakukan dapat menurunkan resiko stres dan meningkatkan mood (suasana hati).

Hal-hal yang perlu diperhatikan selama berolahraga:

-Hindari menyentuh wajah dengan tangan saat berolahraga, karena dikhawatirkan akan menyebarkan bakteri atau kuman ke wajah.

-Setelah olahraga, istirahat sebentar lalu segera mandi. Sehingga tubuh menjadi bersih dan menutup segala kemungkinan penyebaran kuman ke wajah dan bagian tubuh lainnya.

-Anda juga harus rutin membersihkan peralatan olahraga. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya penumpukkan bakteri dan kuman di peralatan olahraga.

-Jangan lupa mencuci wajah setelah berolahraga. Hal itu karena keringat dikhawatirkan dapat ‘mengundang’ bakteri. Mencuci wajah sangat penting untuk menjaga kebersihan wajah dari kotoran, kuman atau bakteri.

-Disarankan melakukan olahraga dengan mengenakan pakaian berbahan katun yang longgar. Hal itu karena bahan katun mampu mencegah terjadinya penumpukkan keringat pada kulit.

4. Manfaatkan Lemon
Lemon memiliki kandungan asam karbonat yang berfungsi untuk melawan inflamasi pada kulit. Dimana inflamasi (perandangan) pada kulit bisa memicu terjadinya jerawat.

Selain itu, lemon juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat di wajah, serta dapat mencerahkan wajah.

Cara menggunakan buah lemon:
  1. Pertama-tama siapkan satu buah lemon.
  2. Potong menjadi dua bagian, lalu tinggal Anda peras lemon tersebut.
  3. Kemudian oleskan pada wajah.
  4. Tunggu selama 15 menit agar cairan lemon menyerap ke wajah.
  5. Setelah itu, baru bilas wajah memakai air bersih.
  6. Anda perlu melakukan ini secara rutin, 5-7 kali dalam seminggu.

5. Hindari Menggunakan Produk Make-up Secara Berlebihan
Masalah alergi, iritasi, komedo dan jerawat dapat terjadi akibat wajah yang terlalu berlebihan diberikan make up. Hindari terlalu sering memakai bahan produk make up. Selain itu, Anda harus menggunakan produk makeup yang memang cocok untuk Anda, yaitu cocok dengan jenis kulit Anda.

Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus mengenali jenis kulit wajah Anda, serta mengerti tentang masalah utama yang Anda hadapi. Dengan begitu Anda akan lebih tahu produk mana yang tepat untuk Anda.

Produk pembersih wajah yang bagus, yaitu yang mampu menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah, namun tidak berlebihan dalam ‘membasmi’ minyak alami wajah dan sel-sel kulit.

Pelajari komposisi yang terkandung di produk yang Anda beli. Anda perlu menghindari bahan berbahaya, seperti parabens, pewarna dan pengharum. Juga hindari bahan SLS (sodium lauril sulfat).

SLS merupakan bahan yang memiliki konsentrasi tinggi, yang biasanya digunakan sebagai bahan di dalam produk pembersih lantai dan produk shampo mobil.

Kandungan SLS ini sangat rentan mengakibatkan terjadinya masalah iritasi dan alergi pada wajah.

Selain menghindari bahan yang berbahaya, Anda juga harus menghindari penggunakan produk makeup secara berlebihan, karena justru berdampak buruk bagi kulit wajah.

Juga jangan lupa membersihkan make up di malam hari sebelum Anda tidur. Pastikan agar semua sisa-sisa dari make up telah bersih sebelum Anda beranjak ke tempat tidur.

Hal itu karena sisa makeup yang menempel di wajah dalam waktu lama, bisa mengakibatkan zat kimia pada produk makeup akan berefek negatif pada kulit.

loading...

6. Manfaatkan Mentimun untuk Wajah Sehat dan Bersih
Mentimun yang mudah kita dapatkan, serta harganya sangat murah, mempunyai khasiat yang ternyata sangat penting bagi kesehatan kulit. Mentimun memiliki kandungan super berupa asam amon, antidioksidan, mineral dan vitamin C.

Kandungan-kandungan yang dimiliki mentimun, memiliki banyak manfaat begi kesehaan, salah satunya yaitu untuk membantu mengoptimalkan proses pembuangan racun keluar tubuh, yang dampak positifnya berupa wajah yang lebih sehat dan bersih.

Kandungan air yang banyak di dalam mentimun, bermanfaat untuk melembabkan kulit, sehingga Anda terhindar dari masalah kulit kering.

Untuk memanfaatkan mentimun ini bagi wajah. Pertama-tama potong tipis mentimun, kemudian tinggal digunakan pada wajah. Biarkan selama 15 menit mentimun di wajah.

Setelah itu, barulah bilas wajah menggunakan air bersih.

Selain pengaplikasian dari luar, anda juga bisa memanfaatkan mentimun untuk pengobatan dalam untuk mengatasi jerawat. Masukan mentimun di dalam menu makanan Anda.

7. Rutin Membersihkan Wajah
Untuk mencuci wajah maka Anda bisa melakukan beberapa kali dalam sehari, yaitu mencuci wajah setiap 2-3 jam dengan menggunakan air biasa.

Adapun untuk merawat wajah yang menggunakan produk pembersih wajah, maka lakukan dua kali dalam sehari (terutama sebelum tidur, sehingga wajah dalam keadaan yang bersih).

Pilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, sehingga penggunaannya aman dan sehat untuk kulit wajah.

Sekarang telah terdapat banyak dijual produk untuk membersihkan wajah yang dibuat menggunakan bahan alami, sehingga lebih aman.

Anda juga bisa memilih sabun khusus pembersih jerawat, yang bekerja agar jerawat di wajah bisa mengempes dengan cepat, untuk kemudian menghilang. Pakailah sabun cuci muka, krim, dan toner yang memiliki manfaat untuk membersihkan kulit dari jerawat.

Produk umumnya bisa dibeli di toko kosmetik, atau Anda bisa juga langsung meminta resep dari dokter kulit. Sehingga nantinya akan lebih aman, ampuh dan cepat untuk menghilangkan jerawat.

Intinya juga, hindari produk yang memiki kandungan hydroquinone atau merkuri.

Saat membersihkan wajah, maka penting selalu diingat agar dikerjakan secara perlahan dan hati-hati (jangan terburu-buru). Hal ini agar terhindar dari jerawat yang luka atau pecah.

Dengan rutin membersihkan wajah, hal ini penting agar wajah dapat terhindari dari masalah penumpukan kotoran dan minyak berlebih di wajah. 

8. Terapkan Pola Makan yang Sehat
Untuk memiliki kulit yang sehat (termasuk kulit wajah) maka Anda harus berusaha untuk memenuhi asupan makanan yang seimbang dan bergizi. Dalam mengonsumsi makanan, jangan lupa memasukan menu buah dan sayuran dalam menu sehari-hari.

Hal itu karena mengonsumsi sayur-sayuran dan buah bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk bisa membantu untuk membersihkan wajah, dengan cara membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh.

Beberapa makanan yang disarankan:

-Alpukat, kaya akan vitamin E yang bermanfaat untuk mengoptimalkan vitalitas kulit. Selain itu, kandungan vitamin C-nya bermanfaat untuk meminimalisir masalah peradangan pada kulit, serta mampu melembabkan kulit, sehingga mencegah kulit kering.

-Brokoli, mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Sifat antioksidan di dalam brokoli berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merusak kulit.

-Semangka mengandung air, vitamin dan antioksidan yang membantu penyembuhan infeksi pada kulit.

-Buah Berry, jenis-jenisnya berupa strawberry, blueberry dan raspberry. Buah ini kaya akan asam salisilat alami yang bermanfaat untuk membasmi jerawat di wajah. Selain itu terdapat kandungan beta karoten yang bermanfaat untuk mengoptimalkan penyembuhan infeksi kulit.

-Wortel, kaya akan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

-Mentimun, kaya akan kandungan air yang bermanfaat untuk membantu membersihkan kulit. Selain itu, mentimun mengandung vitamin C dan serat.

-Biji-bijian, mengandung asupan selenium yang cukup tinggi, yang bermanfaat sebagai obat alami untuk menyembuhkan jerawat.

-Air Putih, ini wajib Anda konsumsi setiap harinya. Kekurangan cairan (terutama air putih) menyebabkan kondisi jerawat semakin buruk.

-Teh hijau bisa berperan sebagai detoks (pembuangan racun) alami bagi tubuh. Yang bermanfaat untuk meminimalisir masalah infeksi yang dihadapi. Selain itu, teh hijau mengandung zat antioksidan yang bermanfaat besar bagi kulit.

Adapun jenis makanan yang harus anda hindari, yaitu makanan berminyak, makanan tinggi lemak, makanan cepat saji, junk food, gorengan dan semacamnya.

Makanan yang tinggi kandungan lemak dikhawatirkan akan membuat tubuh berlebihan dalam memproduksi minyak. Dimana terlalu tinggi produksi minyak oleh tubuh, bisa membuat pori-pori tersumbat.

Kondisi pori-pori yang tersumbat akhirnya bisa memicu jerawat dan komedo.

Disarankan bagi Anda untuk mengganti minyak trans yang kurang sehat, diganti dengan minyak zaitun yang sangat sehat.


9. Hindari Stres
Stres yang sering dialami bisa menyebabkan munculnya jerawat. Sudah lama para pakar kesehatan curiga bahwa kondisi stres yang dialami bisa meningkatkan resiko terjadinya jerawat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sel-sel yang bekerja untuk menghasillan sebum, yaitu sebuah zat berminyak yang berfungsi sebagai reseptor pada hormon stres.

Zat sebum dijelaskan oleh para ilmuwan, merupakan zat yang bisa menjadi buruk ketika sampai bercampur dengan bakteri dan sel-sel kulit mati. Yang akibatnya bisa terjadi penyumbatan, yang akhirnya mengakibatkan jerawat ataupun komedo

Seseorang yang dalam kondisi stres yang amat buruk, mengakibatkan zat berminyak (sebum) akan diproduksi menjadi lebih banyak dari biasanya. Hal ini beresiko jerawat akan semakin buruk.

Peneliti masih terus mendalami tentang temuan hubungan stres dan munculnya jerawat ini.

Dengan bagitu, jangan biarkan jiwa Anda berada dalam kubangan stres, Anda harus selalu siap siaga dalam menajemen waktu Anda dengan baik. Gunakan waktu untuk hal-hal yang positif, hal ini sangat membantu unuk mencegah timbulnya stres.

10. Perbaiki Kualitas Tidur
Tidur terlalu larut malam bisa memperburuk kondisi jerawat. Penelitian mengungkapkan bahwa secara tidak langsung, orang yang kurang tidur akan berdampak buruk pada jerawat. Dimana saat tidur larut malam, berarti Anda telah mengurangi waktu tubuh untuk menjalankan proses peremajaan tubuh.

Selain itu, seseorang yang kurang tidur dapat mengalami resiko stres lebih tinggi. Dampak buruk lainnya yaitu meningkatnya resiko peradangan kulit.

Kurang tidur mengakibatkan peningkatan inflamasi sitokin, yang berarti tubuh sangat rentan mengalami peradangan. Perlu diketahui, jerawat muncul akibat peradangan di pori-pori kulit.

Kurang tidur juga menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini juga mengakibatkan produksi sebum meningkat.

Bahan-Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Minyak Pohon Teh ( Tea Tree Oil)
Zat terpenoid di dalam minyak pohon teh berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat . Untuk penggunannya:
  1. Pertama-tama campur 5 ml minyak pohon teh dengan 100 ml air.
  2. Setelah itu, oleskan ramuan menggunakan bantuan kapas pada bagian wajah yang mengalami jerawat.
  3. Lakukan 2 kali dalam sehari

Hati-hati! Minyak pohon teh pada sebagian orang bisa menyebabkan alergi. Sehingga, sebelumnya perlu menguji reaksinya.

Anda bisa mengujinya dengan mengoleskan sedikit minyak pada bagian tangan, tunggu beberapa jam, apakah muncul reaksi? Jika tidak, Anda bisa menerapkannya pada wajah.

Kulit Jeruk
Kandungan Vitamin C dan asam alpha hidroksi pada kulit jeruk bermanfaat untuk membersihkan pori-pori kulit, dan membantu mengangkat sel kulit mati. Cara memanfaatkan kulit jeruk:
  1. Pertama-tama keringkan kulit jeruk di bawah matahari, lakukan beberapa hari hingga kulit jeruk sangat kering.
  2. Kemudian haluskan kulit jeruk.
  3. Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk.
  4. Kemudian aduk campuran tersebut sehinggan nantinya berbentuk ramuan pasta
  5. Aplikasikan ramuan pasta tersebut ke wajah.
  6. Setelah selesai, diamkan beberapa menit.
  7. Terakhir, bilas wajah menggunakan air hangat (air jangan terlalu panas karena membahayakan wajah).

Pepaya
Pepaya memiliki kandungan enzim papain di dalamnya, yang bekerja untuk membantu membuang dan membersihkan tubuh dari sel kulit mati. Selain itu terdapat kandungan antioksidan. Cara memanfaatkan pepaya untuk mengatasi jerawat:
  1. Pertama-tama bersihkan pepaya.
  2. Kemudian potong menjadi beberapa bagian.
  3. Potongan-potongan pepaya kemudian dihaluskan.
  4. Masukan satu sendok madu atau lemon ke dalamnya.
  5. Oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat.
  6. Diamkan saja selama 15 menit.
  7. Terakhir, bersihkan wajah menggunakan air hangat.

Es Batu
Manfaat es batu ini yaitu mampu membuang atau membersihkan minyak berlebih dan kotoran pada wajah. Cara penggunannya:
  1. Pertama-tama yang sangat penting, Anda harus memastikan bahwa air yang digunakan untuk membuat es batu adalah steril dan bersih.
  2. Gunakan es tersebut, dengan cara membungkus es batu memakai kain bersih.
  3. Kemudian aplikasikan kain berisi es batu tersebut ke bagian wajah yang terkena jerawat.
  4. Tempelkan selama beberapa detik, tetapi jangan terlalu lama.
  5. Anda tinggal mengulangi proses ini beberapa kali, pada bagian wajah yang terkena jerawat.

Termasuk untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan bahan alami yang cukup aman seperti lidah buaya, es batu, jus lemon, kayu cendana, baking soda dan madu. Yang penggunannya diaplikasikan ke wajah. Pilih bahan cocok dengan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Secara Efektif (Termasuk Bekasnya)"